Assalamulaikum warohmatulahi wabarokatuh

Daun

close

Rabu, 20 Mei 2015

Oligocaeta Perairan

Kelas Oligocaeta
 tubifex worm egg capsule


The oligocaetes terutama hewan darat atau air tawar. Ada lebih dari 100 spesies di seluruh dunia 3 dan 26 spesies asli di Britania Raya. Spesies rentang panjang dari kurang dari 1 mm sampai 4 m panjang dan diameter 2 cm dalam kasus cacing tanah Gippsland raksasa (lihat halaman Oligochaete utama).
Seperti namanya Oligochaeta memiliki chaetae kurang dari Polychaetes; biasanya mereka memiliki empat pasang chaetae pada setiap segmen.
Chaetae yang digunakan dalam menggali karena mereka menyediakan jangkar poin. Banyak orang merasa sulit untuk percaya bahwa mereka memiliki rambut atau chaetae, tetapi adalah chaetae penahan dalam liang yang membuatnya begitu sulit bagi burung untuk menarik cacing tanah up. Jika Anda menempatkan cacing tanah pada selembar kertas Anda dapat mendengar goresan dari chaetae sebagai cacing bergerak. Jangan lupa untuk menangani cacing lembut dan meletakkannya kembali di mana Anda menemukannya setelah itu telah dihibur dan dididik Anda.
Oligochaeta tidak memiliki organ pernapasan. Pertukaran gas (pernapasan) terjadi di seluruh permukaan tubuh. Jadi jika kulit cacing menjadi kering itu mulai tercekik.
Seperti di polychaetes setiap segmen memiliki otot, chaetae, organ ekskresi dan cabang saraf.
Mature Oligochaeta memiliki clitellum yang selalu berada dekat dengan ujung kepala; ini adalah sebuah band unsegmented atau sadel terletak sekitar sepertiga dari perjalanan kembali dari kepala, melihat gambar-gambar di halaman spesies darat.

Tubifex

 Tubifex sp.
Tubifex (atas kiri dan kanan), adalah cacing merah terang dijual dalam bundel ketat untuk memberi makan ikan akuarium air tawar, itu adalah oligochaete air tawar. Warna merah terang adalah bloodvessels, cacing itu sendiri adalah transparan.
Di alam liar itu hidup di bawah sungai dan sungai di lumpur tebal. Hal ini dapat bertahan hidup di air dengan kandungan oksigen yang rendah dan sering ditemukan hilir limbah karya di mana ia dapat mencapai kepadatan 8000 per meter persegi.
Ia tinggal di liang dengan ekornya di air untuk menyerap apa yang sedikit oksigen yang ada di air yang lewat. Semakin ekor mencuat lebih anoxic air. Mereka biasanya sekitar 10-75 mm.
Telurnya (kanan atas) diletakkan dalam kapsul, lihat di atas. Kepompong Tubifex adalah 1,6 x 0,8 mm. Ketika kondisi baik kepompong dapat dibentuk setiap 3 atau 4 hari.


Eiseniella

Di sebelah kanan adalah Eiseniella sp., Cacing persegi ekor. Ini adalah cacing air tawar yang terlihat seperti cacing tanah kecil. Ada 5 spesies dalam genus di Inggris, tetapi mereka semua terlihat sama, sehingga sulit untuk membedakan. Mereka berwarna pink dan 4 - panjang 5 cm. Clitellum ini terletak menuju tengah cacing. Hal ini ditemukan di tempat tidur dari sungai gunung atau sungai sisi basah, antara lumut, dan juga dalam lumpur di tepi danau.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar