Assalamulaikum warohmatulahi wabarokatuh

Daun

close

Kamis, 30 April 2015

Budidaya Green Tiger (Harimau Hijau)

Budidaya Harimau tidak hanya ada di darat teryata ada yang hidup di air. Hehe. Tipe ikan yang cukup menarik apalagi dijadikan ikan hias. Bentuknya sisik coraknya seperti harimau membuat ikan terebut di juluki tiger fish dan warnanya yang hijau green. Ikan green tiger merupakan hasil mutasi dari ikan Sumatra. Ikan green tiger atau “The most green tiger barb fish” adalah salah satu jenis ikan air tawar yang unik. Keunikan ikan ini dilihat dari pola warna dan pola garisnya. Pola warna yang tampak adalah warna hitam, hijau dan albino. Sedangkan pola garis yang tampak adalah “green tiger” dengan bar di badan berwarna hijau atau hitam yang luasannya besar, dan pola sumatera dengan 4 bar kecil.
Baca apa itu mutasi : Mutasiadalah


Pada keturunan generasi pertama hasil perkawinan antara sumetera dan green tiger didapat pola garis sumatera dan pola garis green tiger, sedangkan pola warna yang tampak adalah hitam, hijau dan albino. Pada generasi kedua dari perkawinan antara green tiger dengan green tiger diperoleh pola warna dan garis yang sama dengan generasi pertama. Perkawinan antar jenis ikan sumatera akan menghasilkan semuanya ikan sumatera.
 Image result for mutasi
Pemeliharaan Induk
Seperti hal ikan hias lainnya Pemeliharaan induk green tiger dilakukan ditangki fiber atau bak beton. Pemeliharaan induk jantan dan betina dilakukan secara terpisah. Bak beton yang digunakan berukuran  cm dengan ketinggian air 35 cm. Pakan yang diberikan pada pemeliharaan induk ini adalah cacing rambut, atau kutu air dengan frekuensi pemberian dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Sedangkan penggantian air dilakukan 2 hari sekali sebanyak 30% dari volume wadah.
Image result for pemeliharaan induk green tiger

Pemilihan Induk
Pemilihan induk merupakan hal yang penting dalam proses keberhasilan dalam pemijahan ikan. Beberapa hal yang perlu di pertimbangkan untuk pemilihan induk untuk pemijahan ikan. Yaitu induk dalam keadaan sehat (terlihat dari pergerakan yang cepat, tidak lesu, tidak diam dan jika mau di tangkap berlari kencang), matang gonad (ikan yang sudah matang gonad akan di usap tubuhnya mengeluarkan sperma jika jantan, jika betina akan mengeluarkan telur) dan terbebas dari parasite (sebelum di pijahkan sebaik nya dilakukan pencegahan dengan memberi obat anti parasite.

Pemijahan
Pemijahan ikan green tiger dilakukan didalam akuarium berukuran  40 cm x 20 cm dengan ketinggian air 15 cm yang diaerasi terusa menerus dengan kekuatan sedang. Sebagai spawning ground digunakan eceng gondok atau ijuk yang sekaligus berfungsi sebagi pelindung telur-telur dari pemangsaan induknya setelah pemijahan dan juga merupakan tempat persembunyian induk betina dari kejaran induk jantan setelah pemijahan selesai.  Jika sudah menetas maka sebaiknya telur ikan di pindahkan ke wadah penetasan terpisah untuk mencegah di makan oleh induk betina.
Penetasan Telur dan Pemeliharaan Larva
Setelah kedua induk ikan diangkat, telur-telur dibiarkan menetas didalam akuarium pemijahan tersebut. Untuk mencegah serangan jamur, kedalam akuarium penetasan ditambahkan Methylene Blue 1 mg/l air.Larva ikan baru diberi makan setelah berumur 4 hari berupa nauplii Artemia yang baru menetas atau kutu air, kemudian secara bertahap diberi kutu air dan cacing rambut. Larva ikan yang baru menetas sampai berumur kurang lebih 15 hari tetap dipelihara dalam akuarium pemijahan, selanjutnya ikan dapat didederkan di bak beton atau kolam dan sawah yang sudah dipupuk sehingga tumbuh banyak makanan alami.

Pemeliharaan benih

Benih biasa diberikan cacing sutra atau pelet berukuran kecil, usahakan pemberian pakan tidak berlebih untuk mencegah penumpukan pakan di dasar perairan yang membuat keadaan kualitas air menjadi rusak dan dapat menyebabkan ikan mati.  
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar